Pages

26 November 2008

Kursus Roti Taiwan & Pelatihan Mengihas Kue Tart

Kursus Roti Taiwan

Tristar Culinary Institute membuka kelas kursus Aneka Roti Taiwan. Dimana Anda akan belajar membuat roti-roti Taiwan seperti : Mocha Bun, Taiwan Polo, Roll Sausage Bun, dan Flossy Mayo. Tidak hanya melihat saja namun juga mempraktekkan sendiri apa yang diajarkan.

Pengajar yang profesional dan ahli di bidangnya akan menuntun Anda mengikuti kelas ini. Dengan mengikuti kelas kursus yang kami buka, Anda akan mendapatkan resepnya sehingga dapat mempraktekkan sendiri apa yang sudah diajarkan.
Jika Anda tertarik silahkan hubungi kami di : (031) 8433224-8433225


Pelatihan Menghias Kue Tart

Sesuai dengan sistem yang diusung oleh TRISTAR Culinary Institute yaitu menerapkan sistem perkuliahan dengan 40% teori dan 60% praktik maka hal ini juga terlihat dalam jalannya perkuliahan jurusan Patiseri (Baking & Pastry) kali ini. Perkuliahan yang berjalan pada hari Selasa (11/05) ini diajarkan mengenai cara pembuatan cake hias dengan tema special cake.

Perkuliahan yang dimulai pukul 8 pagi ini diawali dengan pemberian materi (teori) terlebih dahulu yang hanya berlangsung selama 1 jam. Setelah itu, para mahasiswa kelas pastry ini diajak untuk praktik bersama. Bertindak selaku pengajar, Pak Otje mulai memberikan pengarahan mulai dari cara membentuk cake hingga cara-cara menghias cake. Ada 3 macam cake hias dengan tema spesial cake yang dipraktikkan kali ini yaitu cake untuk paskah (cross cake), mother’s day cake dan juga father’s day cake.

Mahasiswa yang terdiri dari 15 orang ini dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama ditugaskan untuk membuat mother’s day cake, kelompok kedua ditugaskan untuk membuat cross cake dan kelompok ketiga ditugaskan untuk membuat fatrher’s day cake.
Cukup menarik memang untuk mengikuti kelas perkuliahan ini, karena para mahasiswa dari kelompok yang satu juga bisa ikut mencoba bergabung dalam mempraktikkan kue yang dipraktikkan oleh kelompok yang lain. Sehingga mahasiswa tidak hanya bisa membuat kue yang hanya dipraktikkannya tetapi juga bisa mendapat tambahan ilmu dari kelompok yang lain.


“Sistem mengajar kami agar mahasiswa cepat terampil adalah dengan sistem praktik setiap hari” jelas Pak Otje selaku pengajar.

Di akhir pembuatan cake hias yang hiasanya terbuat dari bahan butter cream ini akhirnya terlihat jelas hasil cake yang ditampilkan tampak begitu cantik. Cake hias dengan tema mother’s day cake, dibentuk menyerupai topi dengan hiasan bunga yang menawan.
Sedangkan cake hias dengan tema father’s day cake dibentuk menyerupai baju dan untuk Cross cake tentu berbentuk salib dengan hiasan bunga yang cantik.




Tak hanya di-display saja, cake yang sudah jadi dan dihias cantik ini juga bisa dinikmati oleh para mahasiswa di akhir perkuliahan. Sehingga para mahasiswa bisa langsung merasakan perbedaan masing-masing cake yang sudah dipraktikkan.

No comments: