Pages

22 July 2016

Kisah Indri Laraswati, Kursus Masak Private di Akpar Majapahit

Kisah Indri Laraswati, Kursus Masak di Akpar Majapahit
A
Chef Haris Suseno Ajarkan Teknik Membuat Pempek Kapal Selam, Gurami Terbang dan Aneka Iga Bakar
SEKALI merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Pepatah ini sepertinya pas untuk menggambarkan bagaimana antusiasnya Indri Laraswati, ibu satu anak yang kini tinggal di Negeri Kincir Angin, Belanda, untuk belajar masak di Akpar Majapahit Surabaya.

Mumpung  sedang berlibur di Indonesia bersama anak semata wayang dan suami yang asli bule Belanda --selama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H— Indri, sapaan akrabnya, belajar masak Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis, di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl Jemursari No. 234 Surabaya.
Pemilik usaha katering di Belanda ini, praktik masak secara private dengan dipandu langsung oleh instruktur Tristar Institute Chef Haris Suseno bersama asistennya Abdul Rozy, di Laboratorium Praktik Tristar Institute, Selasa (19/07/2016) siang.
Kepada kru www.culinarynews.info, Indri Laraswati menuturkan, tekadnya belajar membuat Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis kepada  ahlinya di Tristar Institute, karena pihaknya ingin ”menggoyang” Negeri Kincir Angin dengan menu-menu baru yang enak khas Indonesia dengan harga terjangkau yang disuka konsumen.
Khusus untuk praktik masak Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, ibu muda ini mendedikasikannya untuk sang buah hati yang sekarang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) setara Kelas 5.
”Terus terang buah hati saya ini sangat suka pempek kapal selam dengan saos cuko yang berasa pedas asam manis. Nah, mumpung lagi liburan di Indonesia, saya menyempatkan diri untuk belajar masak pempek secara private kepada ahlinya di sini,” kata wanita berpenampilan modis ini.
Sedangkan praktik masak Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis, menurut Indri, selain untuk memanjakan lidah suami tercinta dan juga untuk memenuhi permintaan sejumlah pelanggan setianya di Belanda.
Melalui pelatihan masak secara private ini dirinya bertekad membuat sajian Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis yang berbeda dengan yang ada di Belanda saat ini, baik dari aspek cita rasa, tekstur maupun cara penyajiannya, setelah dirinya belajar di Tristar Institute.
Indri Laraswati saat ini menjalankan bisnis katering yang ditekuninya sejak lima tahun terakhir. Pelanggannya kebanyakan dari kalangan perusahaan. Masakan yang disajikan sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan makan malam (dinner) karyawan perusahaan-perusahaan tersebut.
Nah, di antara pelanggan saya itu ada yang minta dibuatkan menu special yakni masakan Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis,” terang perempuan berparas cantik ini.
Dalam kesempatan itu, Chef Haris Suseno menjelaskan, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, Gurami Terbang + Sambal Terasi, Iga Bakar Black Pepper dan Iga Bakar Pedas Manis.
Untuk membuat Pempek Kapal Selam, misalnya, membutuhkan bahan ikan tenggiri, air es, garam, vetsin, tepung sagu tani, baking powder dan bawang putih.
Selain itu, ada juga bahan untuk membuat Saos Cuko-nya yakni gula merah, gula pasir, garam, kecap asin, bawang putih, cuka dan air. Sedangkan untuk melengkapi penyajiannya bisa ditambahkan mie kuning (yang sudah dimasak) dan irisan mentimun.
Di samping Pempek Kapal Selam + Saos Cuko, peserta juga diajarkan membuat sajian Gurami Terbang. Caranya menyiapkan ikan gurami yang sudah dibersihkan sisik dan isi perutnya lebih dulu, kemudian digoreng. Sedangkan untuk membuat Sambal Terasi, butuh bahan sebagai berikut cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah, asam Jawa, terasi, garam, vetsin dan gula pasir.  
Resep masak berikutnya adalah membuat Iga Bakar Black Pepper. Bahan yang dibutuhkan adalah iga sapi, serai, jahe, lengkuas, daun salam, air, garam, nutmeg, anistar, kayu manis, wortel utuh, bawang bombai utuh, irisan bawang putih dan bawang merah, bawang prei, gula pasir, vetsin, lada bubuk dan kaldu block.
Untuk resep masak yang terakhir yakni membuat Iga Bakar Pedas Manis, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi iga sapi, serai, jahe, lengkuas, daun salam, air, kayu manis, nutmeg, anistar, wortel, bawang bombai (onion), irisan bawang putih dan bawang merah, bawang prei, garam, merica, vetsin dan kaldu block.
Sementara itu untuk membuat tumisannya, butuh bahan sebagai berikut jahe kupas, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai hijau besar, kecap manis, kecap asin, vetsin dan minyak untuk menumis.
Nah, jika Anda tertarik menjadi peserta kursus memasak di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Tristar Institute, silakan menghubungi Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

No comments: