Pages

16 March 2019

Tristar Gelar Kursus Membuat Mie


SURABAYA - Membuat mie gampang-gampang susah. Bisa jadi mie lengket, terlalu mengembang, rasa apek dan mudah basi. Masalah ini menjadi masalah umum yang dialami pebisnis yang merintis usaha membuat mie.


Sebanyak 7 peserta ikuti kursus membuat mie yang digelar oleh Lembaga Pelatihan Kerja Tristar di Jalan Prapen Indah Blok J-5 Surabaya, Sabtu (29/12). Instruktur mengajarkan cara membuat berbagai jenis mie. Mulai mie telur, mie sayur, mie basah tanpa telur, mie kering, kulit pangsit, tumisan ayam dan kuah, mie untuk pangsit. Ernawati instruktur mengatakan, mie yang bagus memakai tepung berprotein tinggi. Protein akan mempengaruhi kekenyalan mie.



“Hindari tepung yang berkualitas rendah. Karena dengan tepung yang baik, akan terhindar dari bau apek,” jelas Ernawati.

Kesalahan umum yang sering dijumpai adalah soal pemakaian bahan yang seharusnya tidak diperlukan. Supaya mie tahan lama, produsen mie memakai pengawet. Padahal, mie seharusnya tidak memakai pengawet karena dampak buruknya. Dalam suhu kamar, mie bertahan hanya sehari saja. Disimpan dalam lemari es, tentu akan semakin baik. Sementara pengenyal juga harusnya dikurangi. Dengan takaran bahan yang pas, kekenyalan bisa didapat.

Dalam proses pengukusan, mie bisa saja lengket karena pemakaian tepung maizena. Ernawati mengingatkan para peserta untuk tidak memakai maizena. Selain itu, dalam pengukusan mie yang sudah digiling dengan mesin, untuk tidak dilipat terlalu padat. Karena pelipatan yang ringan akan membuat mie cepat matang.

Sementara Hanson pria 43 tahun warga Karang Empat Surabaya mengaku tertarik kursus mie karena suka kuliner. Meski bukan untuk kepentingan bisnis, Hanson mengaku kursus Tristar membuatnya jadi lebih tahu. Seperti mie dengan beragam jenisnya.

“Waktu membeli mie, saya merasa ragu. Mulai dari bahannya seperti apa. Apalagi yang dijual banyak pengawetnya. Jadi was-was,” jelas Hanson.


Apalagi dengan faktor kesehatan, Hanson merasa yakin dengan mengkonsumsi mie yang dibuatnya sendiri. Selama ini, dirinya membuat mie dengan mengandalkan resep dari orang tua, yang dirasa masih belum sempurna.


Yang menarik dalam kursus itu, Ernawati sempat menunjukkan cara membuat mie sayur. Mie yang memanfaatkan sayuran sebagai tambahan gizi sekaligus pewarna. Sayur bisa memakai sawi atau jenis lain. Dengan pemanfaatan sayur, mie akan semakin lebih menarik.and

INFO KURSUS TRISTAR
Hubungi : 
Telp: 031-8438839, 081234506352, 085731051010
Pin BB : 539A64B6, WA : 081234506352

No comments: